Cara Menyembunyikan Pesan Terbaca di WA (Centang 2 Biru)



WhatsApp atau WA merupakan sebuah aplikasi messaging dengan pengguna terbanyak saat ini. Aplikasi WA memungkinkan pengguna untuk mengetahui suatu pesan telah masuk, telah terbaca atau belum terbaca berdasarkan indikator centang.

Umumnya pesan chat WA akan memiliki centang 2 berwarna hitam atau abu-abu apabila pesan chat tersebut sudah masuk namun belum terbaca. Adapun berkaitan dengan hal tersebut, mungkin tidak sedikit user yang justru ingin menyembunyikan tanda pesan terbaca di WA karena atas alasan tertentu, misalkan soal privasi.

Banyak pengguna yang mencoba aplikasi WA MOD karena berbagai fiturnya yang cukup lengkap. Namun, untuk menyembunyikan tanda pesan telah dibcaa di WA sebenarnya juga bisa menggunakan metode lain, dan dalam hal ini Anda tetap menggunakan WhatsApp versi official.

Bagi Anda yang tertarik untuk menghilangkan tanda centang 2 biru saat mendapat pesan dari kontak Anda, beberapa trik yang dijelaskan dibawah ini mungkin ingin Anda coba sekarang.

Bagaimana cara agar chat di WhatsApp tidak terlihat dibaca?


Cara Menyembunyikan Pesan Terbaca di WA (Centang Biru)

Cara menghilangkan centang biru di WA sangat mudah dimana ketika centang biru tidak muncul itu artinya menandakan bahwa chat yang masuk ke WA Anda terdeteksi belum Anda baca oleh sipengirim, walaupun sebenarnya Anda sudah membacanya.

Berikut ini adalah beberapa trik menyembunyikan chat WA yang terbaca dengan tidak memunculkan centang biru. Anda dapat mencobanya jika membutuhkannya untuk kepentingan privasi atau atas alasan tertentu lainnya.

1. Pasang Widget Chat


Di smartphone Android Anda dimungkinkan untuk menampilkan widget sesuai yang Anda perlukan. Nah, apabila Anda tidak ingin pesan chat WA centang biru, maka Anda bisa memasukkan WhatsApp ke daftar Widget di HP Anda. Dengan begitu, nantinya setiap pesan yang masuk ke WA Anda bisa dibaca melalui widget tersebut. Dengan begitu, pesan chat tersebut di HP pengirim tetap akan memperlihatkan centang 2 hitam alias indikasinya belum terbaca.

2. Baca Chat WA Lewat Notifikasi Pop-up


Ketika ada chat WA masuk ke ponsel Anda, mumumnya akan muncul notifikasi dalam bentuk jendela munculan atau pop-up. Nah, Anda bisa membuka chat WA tersebut tapi jangan membukanya di aplikasi WhatsApp. Caranya adalah tap pada icon expand yang terletak dibagian kanan-bawah, dengan begitu Anda bisa melihat seluruh isi chat namun akan tetap terdeteksi belum terbaca. Dan untuk diketahui, metode ini merupakan salah satu trik yang cukup mudah digunakan untuk menyembunyikan status chat terbaca di WA.

3. Aktifkan Mode Pesawat Sebelum Membaca Chat


Cara lain untuk menyembunyikan centang biru di WA adalah dengan jangan langsung membukan chat ketika ada chat WA masuk. Saat ada notifikasi chat WA masuk ke HP Anda, silahkan aktifkan mode Pesawat atau Airplane mode di HP Anda. Setelah itu, silahkan baca chat WA. Jika sudah selesai membaca chat, berikutnya tutup aplikasi WhatsApp, lalu nonaktifkan mode Pesawat. Denganc ara ini, pesan chat WA tersebut tidak akan menampilkan centang biru di HP pengirim.

BACA JUGA:


4. Mematikan Centang 2 di WA


Anda juga bisa mematikan centang 2 di WA, namun cara ini mungkin kurang sesuai untuk Anda karena jika Anda memilih metode ini, maka nantinya Anda pun tidak bisa mengetahui apakah pesan yang Anda kirim telah terbaca atau belum oleh orang yang Anda kirimi pesan.

Adapun jika Anda ingin memilih opsi ini, berikut ini langkah-langkah untuk mematikan centang 2 di aplikasi WhatsApp:

  • Silahkan Anda buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih titik tiga yang terletak di kanan-atas layar HP Anda.
  • Selanjutnya pilih menu Settings.
  • Kemudian, pilih menu Account.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Privacy.
  • Dibagian opsi Read receipt, silahkan geser tombol ke arah off untuk mematikan centang biru di WA.

Penutup


Centang 2 berwarna biru di WhatsApp adalah sebuah fitur standar yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah pesan chat mereka telah terbaca atau sebaliknya. Adapun jika Anda ingin menonaktfikan fitur tersebut atau ingin membaca isi chat namun statusnya tetap belum terbaca, Anda dapat menerapkan berbagai metode yang dijelaskan diatas.

Dengan menggunakan berbagai metode yang diuraikan diatas, sepertinya Anda tidak perlu menginstal aplikasi WhatsApp MOD sekedar untuk menyembunyikan chat centang 2 biru di WhatsApp.


Previous Post